Saturday, July 21, 2012

Penerimaan CPNS 2012 Sumut: Sibolga, Labura, & Labusel

Dari 33 kabupaten/kota yang ada di Provinsi Sumut, hanya tiga saja yang mendapat kuota penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS)jalur reguler tahun ini. Yakni Pemko Sibolga, Pemkab Labuhan Batu Utara, dan Pemkab Labuhan Batu Selatan.

Tiga daerah itu termasuk dalam 25 daerah dari 530 jumlah provinsi dan kabupaten/kota seluruh Indonesia yang boleh merekrut CPNS tahun ini. Untuk Pemprov Sumut juga tak mendapat jatah. Dari 33 Pemprov, hanya empat pemprov yang ikut merekrut, yakni Pemprov Bangka Belitung, Kalimantan Tengah, Bali, dan Jawa Timur. Terbanyak jatah CPNS untuk sejumlah instansi pusat.

Formasi Penerimaan CPNS 2012 Sumut: Sibolga, Labura, & Labusel


Sayangnya, hingga kemarin jumlah CPNS yang akan direkrut di tiga kabupaten/kota di Sumut itu belum bisa diketahui. Pasalnya, data masih diolah Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB), terutama menyangkut posisi-posisi yang akan diisi CPNS dimaksud.

Deputi Sumber Daya Manusia (SDM) Bidang Aparatur Kemenpan-RB Ramli Naibaho hanya menyebutkan, kuota CPNS nasional tahun ini yang akan terisi hanya 14.560 orang. Padahal kuota yang disiapkan pemerintah sebanyak 61.560 orang. Itu berarti ada 47 ribu kursi yang hangus alias tidak terisi.

“Yang bisa kita terima tahun ini hanya 14.560 orang saja dari usulan 47 instansi sebanyak 76 ribu. Sisanya (47 ribu) tidak terisi dan tidak bisa diusulkan untuk 2013,” ujar Ramli Naibaho saat menggelar keterangan pers di kantornya, Jumat (20/7).

Dibeberkannya, dari 47 instansi yang mengusulkan terbanyak kuotanya adalah pusat yaitu 11.879. Sedangkan instansi daerah ada 25 yang mengusulkan dan kuota yang disetujui 2.681 orang.”Instansi pusat yang mengusulkan sebenarnya ada 59 tapi yang layak hanya 23 saja. Sedangkan daerah ada 47 dan layak 25,” terang Ramli.

Minimnya kuota CPNS dari daerah, menurut dia karena banyak yang belanja pegawainya di APBD-nya di atas 50 persen. Meskipun ke-47 instansi tersebut telah memasukkan analisis jabatan (Anjab) maupun analisis beban kerja (ABK).
“Syarat utama diberikan formasi selain harus ada Anjab dan ABK, belanja pegawainya harus di bawah 50 persen. Kalau belanja pegawainya tinggi, tetap tidak bisa dikasih,” tegasnya.

Jadwal Ujian CPNS 2012 Serentak 8 September


Untuk pelaksanaan tes CPNS jalur reguler akan dilakukan serentak pada 8 September mendatang. Sebanyak 47 instansi baik pusat maupun daerah yang akan melaksanakan penerimaan pun diminta bersiap-siap, terutama anggaran untuk penggandaan soal dan lain-lain.

Pasalnya, Kemenpan-RB hanya menyerahkan master soal ke pejabat pembina kepegawaian (PPK) untuk digandakan.

Kisi-Kisi Soal Ujian CPNS 2012


Dijelaskannya, bagi pelamar CPNS yang ingin mengetahui kisi-kisi materi seperti apa, bisa melihat Peraturan MenPAN&RB No 197 Tahun 2012. Sebab soal-soal yang disusun konsorsium perguruan tinggi negeri (PTN) berpatokan pada isi PerMenPAN&RB tersebut.

“Modal untuk ikut tes CPNS cukup pintar dan punya kompetensi saja. Selain itu kisi-kisi soalnya sebenarnya tidak akan jauh dari PerMenPAN&RB No 197. Kami berupaya semaksimal mungkin tidak ada permainan. Apalagi ada ICW (Indonesian Corruption Watch) yang jadi pengawasnya,” tuturnya.

Jadi jika anda ingin meningkatkat kemampuan menghadapi Ujian cpns 2012 silahkan banyak berlatih soal-soal latihan CPNS. Anda bisa mencoba Soal Latihan CPNS + Software. Untuk mendapatkan materi + Software ini silahkan baca disni.
(Sumut Pos)

Update:

Kabar terakhir yang dikutip dari berbagai media ternyata penerimaan CPNS Sumut ini ketiganya ditunda sampai tahun 2013. Penerimaan CPNS 2013 akan bertambah banyak. Kuota penerimaan CPNS 2013 diperkirakan 6 kali lipat dan jadwal pendaftaran CPNS 2013 diperkirakan dilaksanakan mulai pertengahan tahun 2013.
Title: Penerimaan CPNS 2012 Sumut: Sibolga, Labura, & Labusel; Written by M. Nurkholis; Rating: 5 dari 5

No comments:

Post a Comment